Monday 21 February 2011

Skripsi Hubungan Kompensasi Dengan Kepuasan Kerja Karyawan


BAB  I
PENDAHULUAN

1.1.            LATAR  BELAKANG
            
         Perusahaan merupakan suatu organisasi yang mendukung pembangunan negara di bidang ekonomi, perusahaan itu sendiri memerlukan faktor – faktor yang saling terkait satu sama lain. Faktor – faktor tersebut antara lain tenaga kerja, modal, bahan baku, dan teknologi. Fungsi dasar didirikanya perusahaan adalah menambah masukan ( input ) yang berupa sumber daya yaitu bahan baku, modal, teknologi dan lain sebagainya menjadi keluaran (output ) yang berupa pemuas kebutuhan ( barang dan jasa ) sebagai timbal balik bagi berbagai pihak yang terlibat dan berkepentingan terhadap perusahaan. Di antara sumber daya yang dimiliki perusahaan sumber daya manusia merupakan faktor penting  yang  sangat  besar pengaruhnya terhadap keberhasilan perusahaan. Karena dengan bahan baku yang melimpah, modal yang besar dan teknologi yang canggih tidak akan menghasilkan manfaat bila tidak ada yang mengelola dan mengolahnya. Dengan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut diharapkan karyawan dapat mengelola dengan baik demi kemajuan perusahaan.
         Karyawan tentu  saja mengharapkan adanya timbal balik yang berupa penghargaan atas kontribusi yang dilakukan karyawan terhadap perusahaan. Bentuk penghargaan yang diharapkan karyawan tersebut dalam bentuk  program kompensasi yang sesuai misalnya yang langsung berupa upah, gaji, komisi, dan bonus serta tidak langsung berupa asuransi, pensiun, cuti, pendidikan dan lain sebagainya. Kebijakan  Kompensasi selain memberikan imbalan pada karyawan atas pekerjaan yang dilakukan karyawan juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempertahankan karyawan potensial, oleh karena itu pemberian kompensasi perlu mendapat perhatian khusus dan dilaksanakan atas dasar kepentingan perusahaan maupun kebutuhan karyawan, sehingga menghasilkan manfaat yang maksimal. Salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia yang penting bagi  karyawan  adalah  kompensasi. Dengan adanya kompensasi maka karyawan merasakan adanya suatu ikatan dengan perusahaan. Selain kompensasi, perusahaan biasa memberikan rasa aman, nyaman serta adanya fasilitas yang cukup serta memadai bagi karyawan. Dengan adanya pemberian kompensasi kepada para karyawan dapat memberikan rasa kepuasan kerja bagi karyawan Handoko (2001, 15 ).

1.2.            RUMUSAN  MASALAH
           Berdasarkan  uraian  di  atas  maka  dapat  dirumuskan  permasalahanya  yaitu  ”  Bagaimana  Hubungan  Kompensasi Dengan Kepuasan  Kerja  Karyawan  Pada  PT.  Charoen  Phokphand  Jaya  Farm  ?”

1.3.            BATASAN  MASALAH
                 Agar  lebih  terfokus  maka  penulis  hanya  membatasi  penelitian  pada  masalah yang terkait  dengan bagaimana hubungan  kompensasi non finansial dengan kepuasan kerja pada PT. Charoen Pokphand Jaya Farm ?

1.4.            TUJUAN  PENELITIAN
                     Ingin  mengetahui  hubungan  kompensasi non finansial dengan kepuasan  kerja  karyawan  pada  PT.  Charoen  Phokphand  Jaya  Farm.  

1.5.            MANFAAT  PENELITIAN
a.    Secara  Akademis
  Diharapkan  dapat  menambah  wawasan  ilmu  pengetahuan  bagi  penulis,  khususnya  dalam  ilmu  manajemen  sumber  daya  manusia  yaitu  tentang  hubungan  kompensasi non finansial dengan  kepuasan  kerja.
b.   Secara  Praktis
Hasilnya  diharapkan  dapat  menjadi  bahan  masukan  dan  pertimbangan  bagi  pihak  perusahaan  dalam  hal  pemberian  kompensasi non finansial  pada  PT.  Charoen  Phokphand  Jaya  Farm  terhadap  kepuasan  kerja  karyawan.
         Skripsi ini lengkap dengan Bab,1,2,3,4 dan 5. untuk info selanjutnya bisa langsung menghubungi di alamat email : miskalmunir@yahoo.co.id

1 comment:

  1. maaf saya gilang, apakah saya boleh meminta profil lengkap dari perusahaan PT. Charoen Phokphand Jaya Farm ? terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete